Filosofi Desain Minimalis

Desain minimalis yang pada abad ke-18 ini dikenal dengan gaya desain yang simple, sederhana, bersih, dan elegan. Arsitektur minimalis dalan interior desain biasanya menata ruang dengan penempatan furniture yang sederhana sehingga tidak memenuhi ruang yang berlebihan. Ruang antar ruang satu dan lainnya didesain tanpa pembatas ruang yang solid (dinding), sehingga ruang terkesan luas dan menyatu. Desain minimalis ini tidak hanya sekedar gaya hidup, tetapi juga mencerminkan filosofi hidup penggunanya.

Berikut filosofi hidup yang terkandung dalam konsep desain minimalis tersebut:

1. Minimalis – Mementingkan esensial
Minimalis adalah filosofi hidup yang mementingkan esensial. Segala sesuatunya fungsional dan tepat guna, tidak sekedar ornamen atau hiasan. Jika tidak dibutuhkan maka tidak akan digunakan. Penerapan pada desain minimalis misalnya pada interior ruang keluarga. Ruang keluarga terdiri dari sofa, coffee table, credenza mungkin sudah cukup. Untuk desain minimalis ini juga tidak menggunakan ornamen ukiran, karena tidak esensial untuk seorang yang bergaya hidup minimalis. Pemilihan dekorasi rumah didesain seminimalis mungkin, seperti penggunaan sedikit vas bunga yang simple di atas meja dan lukisan di dinding yang berfungsi hanya sebagai aksen agar rumah tidak terlihat membosankan.

2. Minimalis – Mementingkan kualitas
Minimalis adalah filosofi hidup yang mementingkan kualitas (mutu), bukan sekedar kuantitas (jumlah). Penerapan pada desain minimalis misalnya adalah penggunaan furniture lebih kepada fungsinya bukan jumlahnya yang banyak. Minimalis sangat dimanjakan dengan ruangan yang lega dan bebas dari benda-benda yang tidak dibutuhkan. Minimalis juga menghindari ukiran-ukiran, baik pada list plafon ataupun furniture. Jadi kesan bersih dan rapih lebih diutamakan.

3. Minimalis – Mementingkan kebersihan
Minimalis adalah filosofi hidup yang mementingkan kebersihan. Desain ruangan di desain sedemikian rupa sehingga terlihat bersih. Hal ini seperti halnya ketika anda tidak terbiasa melihat tempat tidur yang berantakan ketika tidak dipakai, meja makan yang penuh makanan, kitchen set yang penuh dengan piring-piring kotor, kamar mandi yang selalu basah sepanjang waktu dan lain sebaginya. Penerapannya pada desain minimalis yaitu dengan mendesain rumah dengan setiap ruangannya diusahakan untuk mudah dibersihkan.

Dari ketiga filosofi hidup yang berhubungan dengan gaya desain minimalis, anda dapat melihat rumah dan ruangan anda. Apakah anda cocok dengan gaya desain minimalis atau anda lebih cocok dengan gaya desain klasik, desain kontemporer, desain mediterania, desain country, desain modern atau lainnya.

Salam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *