Mengenal Glass Block, Si Cantik Yang Tembus Cahaya

Mungkin rumah anda terlalu gelap dan anda ingin memasukkan cahaya luar kedalam rumah tetapi tidak memungkinkan jika dibuat jendela maka Glass Blok ini adalah salah satu solusinya.

Glass Block adalah material bahan bangunan yang terbuat dari kaca tebal sehingga dapat ditembus oleh cahaya. Bentuknya kotak, persegi empat dengan ukuran panjang 19 cm, lebar 19 cm, dan tebal 8 cm. Karena tembus cahaya, material ini sering dijadikan solusi untuk mengatasi ruang yang gelap, misalnya di kamar mandi.

Saat ini dipasaran, glass block identik dengan warna bening atau biasa disebut juga dengan glass block warna putih. Tetapi, akhir-akhir ini ada produsen yang sudah mengeluarkan glass block dengan pilihan warna yang beragam. Ada merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, cokelat, abu-abu, dll. Jadi tinggal sesuaikan saja warnanya dengan selera anda.

Yang menarik, kehadiran bermacam-macam warna ini turut menaikkan eksistensi dan fungsi glass block. Dulu glass block yang hanya identik dengan dinding kamar mandi, sekarang glass block ini dapat diaplikasikan pada semua ruang di rumah seperti ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, bahkan lantai. Tak hanya memasukkan cahaya, material glass blok inipun dapat dijadikan sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik tampilan dinding.

Pemasangan glass block sendiri mirip dengan pemasangan dinding batu bata. Anda harus menyusunnya dari bawah lalu ke atas. Agar pemasangan lurus, Anda dapat menggunakan benang. Hanya saja, glass block tidak dapat menggunakan campuran semen biasa, namun harus menggunakan semen instan yang memiliki zat additive. Tebal semen instan ini cukup 3 mm.

Sumber : dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *