Mengenal Tanaman Rambat, Si Hijau Penghias Dan Penyejuk Rumah

Ada banyak cara untuk membuat lingkungan area rumah kita menjadi sejuk dan indah. Salah satu cara yang mudah adalah dengan memasukkan unsur ‘hijau’ tanaman sebagai salah satu elemen rumah. Tanaman dalam pot yang ditempatkan di teras atau di dalam rumah mampu memberi atmosfer kesejukan dan keindahan alami.

Salah satu cara mudah lainnya untuk membuat rumah berpenampilan alami dan sejuk adalah dengan memanfaatkan tanaman rambat. Untuk tanaman rambat ini kita memerlukan sebuah media rambat sebagai sarana rambat tanaman ini. Media rambatnya bisa dibuat dari kawat yang dibentuk sesuai keinginan.

Untuk pilihan tanamannya sendiri, ada beberapa jenis tanaman rambat yang cocok dijadikan penghias dan penyejuk. Tanaman rambat banyak jenisnya, ada jenis bunga, buah, ataupun tanaman yang hanya menghasilkan daun.

Jika anda ingin menghadirkan kesan rindang dan hijau, tanaman rambat penghasil daun bisa dipilih. Misalnya jenis sirih-sirihan. Selain berfungsi sebagai penyejuk, daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat. Namun, jangan pilih tanaman rambat yang daunnya mudah gugur karena selain memberikan efek kotor pada hunian, tampilannya juga menjadi kurang menarik jika terus-menerus gugur.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam, pupuk, penyiraman yang rutin, asupan sinar matahari, dan sarana rambat seperti dinding, pergola, rangkaian kawat, tiang bangunan, atau pagar.

Sementara untuk tanaman rambat jenis buah, anda bisa memilih anggur, markisa, atau stroberi. Selain terlihat cantik, buah dari tanaman rambat tersebut juga bisa dinikmati.

Berikut jenis tanaman yang bisa anda gunakan untuk membuat teduh dan sejuk di area rumah anda :

Mandevilla (tanaman terompet)
Tanaman ini sangat cocok untuk iklim tropis. Tanaman ini mempunyai bunga yang merambat ke atas, berwarna merah, putih, atau merah muda. Tangkai dan daunnya merambat rata sehingga mampu menutupi media rambat secara menyeluruh.

Allamanda
Bunganya berwarna kuning dengan kuncup menghadap ke bawah. Bersifat rambat di atas sehingga bagian bawahnya berupa batang tak berdaun.

Thunbergia
Bunga tanaman ini menggantung ke bawah dengan pilihan warna ungu dan putih. Bersifat menjulur panjang dengan ujung tanaman menjuntai ke bawah.

Ipomea
Bunganya berwarna ungu atau putih. Tumbuh merambat dengan posisi tegak ke atas dan dapat menutupi seluruh permukaan media rambat secara merata.

Sumber : dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *