Multipleks Untuk Furniture Interior

Desain Interior Menggunakan Multipleks Untuk Furniture merupakan alternatif dalam menghemat pengeluaran untuk furniture di rumah Anda. Desain Interior Menggunakan Multipleks Untuk Furniture ini juga tergolong murah dan tidak semahal jika kita menggunakan bahan dari kayu solid. Desain Interior Menggunakan Multipleks Untuk Furniture ini juga mudah kita dapatkan disekitar kita, karena multipleks ini dijual hampir disemua toko-toko bangunan disekitar Anda.

Material untuk furniture terdiri dari berbagai macam bahan yang dibedakan menjadi dua macam, yakni bahan struktur dan bahan pelapis. Bahan struktur adalah bahan dasar (utama) untuk struktur furniture, contohnya adalah multipleks, blockboard, mdf, teakblock, kayu solid. Sedangkan bahan pelapis adalah bahan luas (finishing) furniture tersebut, contohnya hpl, cat melamine, cat duco, maupun cat kayu. Bahan-bahan (material) tersebut mempunyai fungsinya sendiri yang membuat furniture tak hanya terlihat lebih indah.

Kali ini saya ingin membahas mengenai bahan untuk furniture. Yang akan saya bahas adalah multipleks (plywood). Harga multipleks ini lebih murah dari kayu solid dan kekuatan keduanya sangat mirip. Penampang multipleks ini luas sehingga bisa dibentuk jadi ukuran apa saja. Kita tidak perlu memakai sambungan antar kayu, seperti jika memakai kayu solid jati Belanda. Semakin sedikit sambungan struktur furniture,maka furniture akan makin kuat.

Plywood atau sering disebut multipleks tripleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Plywood merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Multipleks bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Multipleks biasanya digunakan untuk menggantikan penggunaan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.

Lapisan plywood (yang biasa disebut veneer) direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menciptakan hasil yang lebih kuat. Biasanya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan (warping) dan menciptakan konstruksi yang seimbang. Lapisan dalam jumlah genap akan menghasilkan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi. Saat ini plywood tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 0.8 mm hingga 25 mm dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Kayu lapis (multipleks) ini dibentuk dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Tebalnya bervariasi, dari 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm dengan lebar satu multipleks adalah 244 x 122 cm.

Multipleks ini harganya bervariasi, semakin tebal, makin kuat, dan harganya juga makin mahal.
Furniture dapat dibuat menggunakan bahan plywood ini. Bahan furniture dari plywood ini lebih murah daripada furniture kayu solid. Furniture multipleks dapat dikombinasi dengan finishing hpl, melamine, maupun duco. Furniture dari multipleks ini lebih mudah dikerjakan dan dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Contoh penggunaan multipleks untuk furniture adalah untuk kitchen set, meja makan, bed, almari, dan backdrop.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *