Sate Klatak, Kuliner Sate Khas Jogja

Sate Klatak banyak terdapat di kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sate klatak ini menggunakan daging kambing yang dipotong kecil-kecil. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu melainkan jeruji besi sepeda. Bukan tanpa alasan, jeruji besi berfungsi sebagai penghantar panas yang baik membuat daging matang hingga ke bagian dalam.

Keunikan lainnya terletak pada bumbunya. Kalau biasanya sate kambing berbumbu kecap atau sambal kacang, sate klatak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar. Meskipun bumbunya minimalis, rasa sate klatak sungguh luar biasa. Saat digigit, garam yang bertabur di daging kambing menciptakan cita rasa yang berbeda, yang jelas sangat nikmat.

Cara menikmati sate klatak lebih pas dengan nasi putih yang disiram dengan kuah gulai. Kalau ingin pedas, tinggal menggigit cabe rawit yang sudah disiapkan di atas meja. Hampir sebagaian besar warung makan di Jogja menyediakan cabe rawit di atas meja. Rasa pedas makanan bukan dari sambal uleg, melainkan dari cabe rawit segar. Tak ada sedikit pun bau prengus, tidak seperti kebanyakan sate kambing yang masih menyisakan sedikit aroma tak sedap tersebut. Selain itu dagingnya empuk dan tanpa lemak.

Anda Tertarik? Silahkan mencoba kuliner unik ini. Salam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *